Review: Truth or Dare

Truth or Dare
Truth or Dare by Rons Imawan
My rating: 3 of 5 stars

Sial. Buku ini menipu. Hahaha…! Sinopsis pada bagian belakang buku sangat menarik dan meyakinkan saya kalau ini novel misteri. Ditambah lagi, pada halaman depannya ada tulisan “16 rahasia. 16 tantangan. 16 kejutan”. Saya pun meyakinkan diri kalau ini pasti novel misteri seru. Namun ternyata buku ini adalah sebuah kumpulan cerpen dengan tema Truth or Dare. Sedikit kecewa, mengingat saya biasanya sedikit pilih-pilih kalau mau beli kumpulan cerpen. Dengan kata lain, saya tidak siap-siap dulu untuk kumcer ini. Ditambah lagi, penulis atau penyelenggara sayembara ini terbiasa menulis cerita konyol. Well, let’s see!

Jadi buku ini merupakan bentukan dari 16 cerpen pemenang sayembara yang diadakan oleh Rons Imawan. Selain keenam belas cerpen tersebut, ada juga sebuah cerpen dari penyelenggara sendiri yang kisahnya lebih panjang dan dibagi menjadi tiga bagian. Jadi total ada 17 cerpen.

Kumpulan cerpen ini murni dipersatukan oleh tema. Awalnya saya kira genrenya misteri saja, tapi rupanya tidak. Saya tidak terlalu kecewa karena saya bisa menemukan beberapa cerpen yang disajikan secara matang. Dan good point-nya, sebagian besar cerpen di sini punya twist. Sebagaimana buku kumpulan cerpen yang terdiri dari banyak penulis, buku ini tidak membosankan karena setiap cerpennya memiliki rasa yang berbeda. Bukan hanya karena genre, tapi juga ide dan gaya penulisannya. Saya bisa sebutkan beberapa cerpen yang saya suka dari buku ini, seperti “End the Truth or Dare!”, “Anomali Hitam”, dan “Rahasia Tanpa Teman”. Cerpen “Lentera Padam” juga cukup baik, meskipun endingnya saya kurang suka.

Setelah membaca semuanya, saya melihat kalau tidak semua penulis cerpen ini cukup familiar dengan Truth or Dare. Peraturan dan medium untuk melakukan permainan ini bermacam-macam. Saya juga melihat kalau peraturan sayembara ini sangat sederhana, sesederhana “asal ada unsur ToD di dalamnya”. Ada yang menjadikan ToD sebagai inti cerita, ada yang menceritakan hal lain tapi dengan ToD sebagai pemicunya.

Saya bukan termasuk orang yang tumbuh dalam lingkungan yang familiar dengan permainan yang menguji kejujuran dan nyali ini. Kalau pun ada yang main, saya pasti memilih untuk tidak ikut. Saya berpikir kalau ini adalah permainan bodoh yang hanya akan mempermalukan pemainnya. Namun, setelah membaca buku ini, saya bisa menangkap beberapa poin baik dari permainan ToD ini. Akhirnya saya hanya memberi bintang 3 untuk buku ini.

View all my reviews

Tinggalkan Balasan

