Review: The Secret History of the Lord of Musashi and Arrowroot: Two Novels

The Secret History of the Lord of Musashi and Arrowroot: Two Novels
The Secret History of the Lord of Musashi and Arrowroot: Two Novels by Jun’ichirō Tanizaki
My rating: 3 of 5 stars

Sebagai bacaan kedua, pada beberapa halaman pertama saya mengira bahwa saya telah salah dalam memilih bacaan. Saya mengira bahwa buku ini berisi analisis atau bahasan dari berbagai kitab mengenai sejarah Jepang masa lampau. Namun, karena saya bertekad untuk menyelesaikan apapun yang saya baca, akhirnya saya terus membacanya… dan rupanya tidak seburuk itu.

Sebagaimana yang terdapat pada sinopsisnya, buku ini berisi dua kisah yang berbeda. Keduanya tidak berhubungan. Menurut saya, penulis hanya ingin menjadikan apa yang telah ditulisnya menjadi sebuah buku. Berhubung satu kisah saja terlalu tipis untuk disebut buku, maka dia menggabungkan keduanya. Itu menurut saya.

Saya tidak begitu menikmati ketika membaca buku ini, tapi sesekali, pada beberapa bagian tertentu saya bisa tenggelam. Tulisan Junichirou Tanizaki ini gabungan antara fiksi dan opini, atau mungkin juga analisisnya dari berbagai kitab dan sejarah Jepang yang saling berkaitan. Well, ini semua hanya opini saya yang seorang penikmat fiksi. Bagi pembaca yang sudah memahami sejarah Jepang atau menyukai hal-hal yang bersifat historikal, bacaan ini pasti sangat menyenangkan.

View all my reviews

Tinggalkan Balasan

