Keluh

Apakah hujan adalah sebuah tangis? Pertanyaan itu pernah ia ajukan padaku. Saat itu. dia memang sedang sedih. Dia baru saja kehilangan seseorang yang sangat disayanginya. Keberadaanku di sisinya hanyalah sebagai penguat agar dia tetap berdiri. Lalu dia menanyakan itu, apakah hujan adalah sebuah tangis. Aku tidak menjawab, tapi tetap mendengarkan semua keluh kesahnya.

Apakah hujan adalah sebuah tangis? Jika ya, mengapa ada orang yang mengharapkan hujan? Mengapa ada orang yang sangat bahagia melihat hujan? Anak-anak kecil juga sangat senang bermain hujan-hujanan. Jika hujan adalah sebuah tangis, bukankah itu menyedihkan? Jika kita melihat orang yang bersedih, bukankah kita juga akan merasakan sedih? Ataukah memang ada orang yang bahagia karena kesedihan orang lain? Mungkin hujan bukan tangis. Tapi mengapa perasaan ini selalu kacau ketika hujan datang? Tidak sedikit orang yang tidak suka dengan hujan, sama seperti mereka tidak menyukai kesedihan. Aku juga. Banyak orang yang merasa susah jika hujan datang. Hujan hanya membawa sengsara, tapi tetap saja ada orang yang menunggunya.

Dia terus mengomel untuk memuaskan dirinya. Menyalahkan hujan atas kesedihan yang melandanya. Dia tidak menyukai kesedihan dan berusaha membuang semua itu dengan mencari objek yang pantas untuk disalahkan. Tak lama, dia pun tertidur di atas bahuku. Aku percaya, saat dia bangun nanti, dia akan melupakan semua kesedihannya dan melangkah kembali dengan kekuatan penuh.

Iklan

One thought on “Keluh

  1. ada yang bilang : hujan itu jawaban dari semua doa, sayangnya ia selalu berakhir di kubangan dan menjadi umpatan pengendara di jalanan.

    semoga keinginan menulis 100.000 kata tercapai yaa.. saya mendukungmuuu.. 😀

    Lambertus said:Terima kasih, Tutus. Eh hujan jawaban dari semua doa? Bener juga. Saya dapat ide nih. Trims.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s