Inspirasi Seharga Rp.50.000,00

Kembali, setelah sekitar seminggu yang lalu saya mengikuti seminar tentang Entrepreneurship, beberapa hari yang lalu saya mengikuti seminar yang gue banget! Seminar ini namanya Blogger Time ++. Acara yang dipersembahkan oleh BEM FMIPA ITS ini mempunyai tagline “escape from the ordinary blogging“. Bayangan saya, seminar ini adalah untuk membangkitkan inspirasi saya dalam menyelami jagad blog, seperti yang saya cari.

HTM? Rogoh saku, buka dompet, apakah ada lembaran berwarna biru di situ? Ya, seminar ini membuat saya perlu berkorban lima puluh ribu rupiah karena saya adalah mahasiswa ITS sendiri. Kalau umum, perlu tambahan sepuluh ribu lagi.

Menyesal? Tidak juga. Yang namanya niat, saya pasti mau saja mengeluarkan kocek (selama persediaan masih ada). Selain itu, salah satu pembicaranya adalah Raditya Dika. It was the first time I watched him with my own eyes. Apa saya perlu bercerita lagi tentang pembicara yang satu ini? Rasanya tidak perlu. Saya yakin teman-teman semua lebih paham mengenai sosok muda luar biasa cerdas dan konyol ini. Lalu, pembicara lainnya adalah alumnus Desain Produk ITS sendiri yang sudah kemana-mana karena blognya. Namanya Ayos Purwoaji. Dia memiliki blog/website Hifatlobrain.net, sebuah blog yang berisi pengalaman travelling, bukan sebuah travel guide. Untuk lebih jelasnya, langsung saja cek ke TKP.

Lalu, pengetahuan apa yang ingin saya bagikan kali ini?

Saya akan mengulas kembali presentasi Mas Ayos. Mengapa? Mengapa bukan presentasinya Bang Dika? Jujur, abangnya itu tidak melakukan presentasi. Yang ada hanyalah ngobrol biasa dan bercanda bersama sampai terpingkal-pingkal a.k.a stand-up comedy. Mungkin untuk posting berikutnya saja saya membahas materi Bang Dika yang tentang Creative Writing.

Nah, Kalau boleh share, slide presentasinya mas Ayos seperti ini:

Isinya adalah materi umum blogging atau bagaimana kita memulai dan mengelolanya. Namun, sebelumnya materi ini bukanlah sebuah how to, karena teman-teman semua pasti sudah tahu bagaimana cara membuat, menulis, dan sebagainya. Ini adalah materi yang diberikan untuk menginspirasi saja, yang mungkin bisa memunculkan ide-ide baru dari pemikiran teman-teman sendiri. Materi yang saya bahas di sini mulai dari slide ke-5.  Dan sekali lagi saya tekankan, poin-poin yang ada di sini adalah dari seminar tersebut, tapi pembahasannya adalah sepenangkapan saya waktu itu.

And here we go!

* * * * *

Blogging Without Planning

(5 rules untuk Blog yg COOL)

Bagaimana cara untuk mulai membuat sebuah blog? Jawabannya hanya satu. MULAILAH! Tidak ada tips dan trik khusus untuk memulai sebuah blog selain dengan membuatnya saat ini juga. Berhentilah untuk merencanakan. Berhentilah untuk bertanya-tanya, “Bagaimana kalau tulisanku jelek? Bagaimana kalau tidak ada yang berkomentar? Bagaimana kalau tidak ada yang membaca?” atau “Bagaimana cara menulis yang baik? Bagaimana bisa mendapatkan pemasukkan dari blog ini?” atau “Pada bulan ketiga, blog ini pengunjungnya harus jutaan. Pada bulan kelima, blog ini harus menghasilkan pemasukan.” dan sebagainya. Semua pikiran dan rencana itu akan membuat kita tenggelam dan akhirnya kita merasa berat untuk memulainya.

Jangan pernah membayangkan kalau apa yang lahir pertama kali (blog) bisa langsung sempurna sesuai dengan harapan. Kawan, semua membutuhkan proses. Sebelum menuju kesempurnaan, semua pasti berawal dari hal yang sederhana dan kecil. Kemudian akan ada proses pembelajaran. Di situlah momen kita untuk mengaktualisasi diri dan berusaha untuk menjadikan hal yang lebih baik.

INTINYA: Ga usah banyak cincong… mulai ngeblog dari sekarang! (toh gratisan…)

Lalu, setelah bikin, bagaimana membuat blog yang COOL?

Sebenarnya, bisa jadi tiap orang memiliki cara yang berbeda untuk menuju hal ini. Namun, kira-kira resep umum dari Mas Ayos adalah seperti 5 rules berikut ini:

#1. all you need is PASSION WRITING

Menulis yang paling indah adalah menulis yang dari hati, atau dengan kata lain ada PASSION. Ketika kita benar-benar memberikan perhatian dan hati pada tulisan, biasanya pembaca pun akan suka untuk membacanya. PASSION biasanya muncul dari yang kita sukai. Karena kita menyukainya, maka kita menaruh perhatian padanya. Tidak usah dibuat-buat. Tidak usah dipikir-pikir lagi. Langsung saja tulis apa yang ada di kepala. Rahasianya sama seperti yang telah kita yakini tadi untuk memulai blog, yaitu mulailah sekarang juga.

#2. be a PROFESSIONAL LIAR

Percayalah bahwa kebohongan yang terjadi terus menerus akan menjadi sebuah kenyataan. Makanya, kalau berbohong harus yang profesional. Untuk menutupi alasan malas kuliah/sekolah, seseorang biasanya bilang bohong dengan alasan sedang sakit. Niscaya, orang itu suatu saat sakit. Nah, bohong semacam itu kurang atau justru tidak profesional. Ingat, kebohongan kita adalah doa kita. Jadi bohonglah yang baik. Mas Ayos mencontohkan, “Maaf Pak, saya sedang ada perjalanan bisnis ke luar negeri.” Busyet!

Mungkin untuk beberapa orang yang idealis, hal ini kesannya nggak bener banget. Tapi Mas Ayos memberikan contoh yang terjadi pada blognya:

1. Hifatlobrain 2.0

Hal ini menginspirasi saya untuk memunculkan Lambertus 2.0. Meniru, saya tahu itu dan tidak ada salahnya saya melakukan itu. Akhirnya saya tahu jawaban tentang cara untuk memisahkan postingan lama dan baru, yaitu dengan pemasangan nomor versi. Hifatlobrain memunculkan angka itu dulu iseng-iseng saja dan biar keren seperti software-software yang terdiri dari beberapa versi. Sekarang angka 2.0 menjawab bahwa Hifatlobrain mengikuti dunia Web 2.0 dimana kehidupan blogging tidak hanya berjalan satu arah (dari penulis untuk pembaca), tapi pembaca juga bisa berkontribusi, seperti yang ada di blog Mas Ayos ini.

2. Hey, Hifatlobrainer!

Wuih, sampai punya sebutan untuk para fansnya! Tahukah kalian berapa jumlah pembaca saat istilah tersebut muncul? Empat orang. Mas Ayos bersikap seolah-olah pembacanya sudah banyak banget. Bahkan kalau sudah lama tidak update, dia menyapa pembacanya juga (walau cuma empat). Sekarang, pembacanya memang banyak.

3. Yes Maam, I am a travel writer.

Ini pengalaman Mas Ayos saat backpacking. Untuk mendapatkan angkutan gratis ke suatu pulau, dia pernah bilang kalau dia adalah seorang travel writer sebuah majalah wisata. Meskipun banyak halangan, akhirnya bisa juga. Bahkan sekarang Mas Ayos bekerja untuk majalah-majalah wisata yang namanya pernah dipakai untuk bohong.

#3. get sharing and MAKE A MESH

Kehidupan bisnis di masa depan adalah berhubungan dengan sharing atau berbagi. Mungkin seorang pelukis berhubungan dengan dokter, akuntan dengan artis, insinyur dengan atlit, dan sebagainya. Yang perlu diingat pada poin ini adalah kita jangan pernah takut untuk berbagi. Mengapa? Karena berbagi adalah jalan menuju serangkaian ide yang tak pernah ada habisnya. Jangan pernah berpikir bahwa ide yang ada di kepala kalian adalah satu-satunya di dunia ini. Itulah filosofi ide. Oleh karena itu, berbagilah dan kalian akan menjadi orang yang lebih baik.

#4. be an INNOVATOR

Dengan banyak ide yang bisa kalian munculkan, kalian bisa menjadi seorang yang memunculkan inovasi, misalnya dalam blogging. Menjadi yang terdepan. Menjadi pioneer. Menjadi yang pertama. Selalu bertanya pada diri sendiri, “WHAT’S NEXT?” Apa lagi yang bisa lakukan? Maka kalian akan terpacu untuk melakukan sesuatu yang lebih daripada pencapaian saat ini. Hal ini menjaga kalian untuk tetap sejalan dengan perkembangan jaman, tidak membosankan, dan tetap keren.

Mas Ayos juga bercerita bahwa Hifatlobrain sendiri bukanlah blog yang langsung bagus pada awal pembuatannya. Awalnya saja dibuat dengan cara iseng-iseng. Tulisan-tulisan nyampah tentunya masih ada saat itu. Kemudian seiring berjalannya waktu, Hifatlobrain berevolusi menjadi blog yang lebih fokus dalam topiknya (FW = Focus Writing), lalu blog dengan tulisan yang profesional standar majalah (PE = Professional Editing), hingga BIG BANG yang pertama yaitu membuat E-book traveling sendiri (ME = [nggak inget kepanjangannya, mungkin] Making E-book). Dan saat ini, Hifatlobrain berada dalam fase MTV = Making Travelling Video dan E2E = Editor to Editor, dimana Mas Ayos dan kawan-kawan ingin membuat video untuk perjalanan travallingnya serta hubungan diskusi dan kerja sama antar editor majalah-majalah.

#5. continuity to LEARN

Dan terus belajar. Begitu banyak pengalaman dan pengetahuan di dunia ini yang begitu sayang untuk dilewatkan. Selalu menjadi gelas yang setengah isi adalah pilihan terbaik, dimana kita selalu siap untuk menerima ilmu. Bagaimana tidak? Hal itulah yang nantinya akan menjadikan kita kaya akan kehidupan ini. Kalau kita ingin berbagi, bukankah itu artinya kita juga harus punya sesuatu yang harus dibagikan? Hanya dengan belajarlah kita bisa melakukannya.

* * * * *

Well, itulah yang saya dapatkan dari presentasi Mas Ayos. Kalau teman-teman mau berdiskusi langsung dengan Mas Ayos, pasti mendapatkan pencerahan yang lebih JOS! Soalnya kemarin presentasinya mantap banget. Banyak bercanda juga, jadi nggak bosen sama yang namanya seminar. Dan kesan yang saya dapatkan dari pembicara yang satu ini, dia adalah the coolest presentator that I’ve ever seen. Ini adalah kali pertama saya melihat pembicara yang minta maaf kalau saja materinya tidak berguna. Tenang, Mas. Materinya masuk banget kok bagi saya. So, bayar Rp.50.000,00 bagi saya bukan sesuatu yang sia-sia. Terus berjuang!

Iklan

5 thoughts on “Inspirasi Seharga Rp.50.000,00

  1. wahhh…keren banget…
    kemaren sebenernya pengen dateng juga, tapi krn ada jadwal kerja jadi ga bisa ikutt..huhu.. 😦

    untungnya ada yang mengulas isi presentasinya dsini..
    jadinya masih bisa belajar lewat sini…

    siipp…
    makasih banyak mas Lambertus… :mrgreen:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s