Apaan sih Curcol?

Curhat

Curhat

Beberapa hari yang lalu saya mengeluarkan posting yang mengandung kata “Curcol“. Apa sih artinya Curcol?

Ya, kata-kata ini lebih populer akhir-akhir ini. Curcol yang tak lain merupakan singkatan dari “Curhat Colongan” ini sering muncul di televisi. Bagi saya sih, istilah ini merupakan istilah gaul baru seperti teman-temannya yang bernama “Lebay” dan “Alay”.

Aneh, memang. Curhat kok colongan? Apanya yang dicolong?

Waduh, sebelum membuat posting ini, saya nggak sadar kenapa saya nyari arti curcol di Mbah Google [nggak penting banget]. Buat teman-teman yang masih awam, cupu, dan polos, belum ternodai oleh kata-kata yang syarat akan warna-warni duniawi ini, berikut saya kasih ulasan mengenai curcol [menurut pendapat saya sendiri].

Curcol – singkatan dari Curhat Colongan – singkatan dari Curahan Hati Colongan. Sesuatu tindakan mengadu mengenai permasalahan hati yang dilakukan tanpa permisi dan tanpa diminta. Biasanya dilakukan diam-diam sambil diselipkan di dalam percakapan sehari-hari atau percakapan lainnya.

Contoh:

Gue: Makasih, ye… udah ditraktir makan šŸ˜€
Aye: Sama-sama, nek… ini juga kan karena lo udah bantu gue.
Gue: Coba kalo lo tadi nggak telepon… mungkin sekarang masih matung kayak patung pancoran di sono :mrgreen:
Aye: Bisa aja lo. Itu juga karena cowok gue lagi di luar kota. Makanya gue jadi nggak mobile nih sekarang
Gue: Yah, kalo cowok gue mah udah dari sononya tuh belagu
Aye: … ???
Gue: [curcol detected] Dia nggak lagi diluar kota juga pasti males nganterin gue. Alasannya yang sibuk lah, kerjaan numpuk lah, lagi meeting lah, capek lah… Kan gue ceweknya, harusnya rela dong ngelakuin apa aja…
Aye: Emang lu minta anterin ke mana?
Gue: Ya ke Ausie lah! Gue mau beli tissue toilet tuh udah abis. Trus ke London buat betulin jam tangan bokap gue. Sama ke Paris nyari kain perca buat tugas prakarya adik gue.
Aye: Emang cowok lo naik apaan kalo kerja? Helikopter?
Gue: Kagak. Naik busway dia…

Hal ini mungkin sudah terjadi sejak dulu. Tapi istilah ini baru booming tahun 2010 ini.

Perhatikan orang sekitar teman-teman, jangan-jangan ada yang doyan curcol pakai sambel…

Sumber gambar: Curhat

18 thoughts on “Apaan sih Curcol?

  1. yuuuhu…haha..kata baru bagi gue ea…
    tak tambahi lg biar tambah banyak kosakata Alay ea..
    Lambang=lama banget, jibang=jijigh banget, gula=lagu lama, Gigu=gita gutawa hahahaaha eh ada lagi Gak Mood= Gak Moodeng a.k.a Mudeng haha
    selamat menggunakand ea..

Tinggalkan Balasan

