Blog Review: Rahasia Otak

 

Untuk Rahasia Otak

Untuk Rahasia Otak

 

Hmpfh… sebentar ya… maaf… saya mau ketawa dulu….

Itu dia, di atas adalah award ketiga yang saya tujukan untuk teman blogger spesial saya. Tapi kalau dilihat-lihat lagi, dengan baju bertuliskan R besar di tengahnya, kok jadi kayak Tim Roket di serial Pokemon yah? ๐Ÿ˜† Buat yang merasa, bukan bermaksud sengaja nih. Saya baru sadar pas ngetik postingan ini.

Dan masih dengan semangat persahabatan, mencapai titik ketiga ini saya masih berbunga-bunga kalau mereview blog teman saya sendiri. Mengapa? Yah, masih sama seperti posting saya sebelumnya… karena mereka spesial.

Perhatian: Review ini sudah mendapatkan persetujuan dari yang punya blog.

Rahasia Otak

Sudah menjadi teman blogger yang satu ini? Rahasia Otak? Siapa ya? Mungkin teman-teman lebih kenal Red atau Annunaki. Saya sih dulu ingat sekali, pertama kali menjalin pertemanan dengan blogger ini karena masalah text area. Kebetulan dia posting tentang cara bikinnya, sementara saya masih berpikir kalau blogroll yang bisa di-scroll itu hanya bisa pakai widget yang khusus. Eh ternyata pakai Text doang!

Saya senang sama blogger yang satu ini soalnya biasanya komentarnya yang masuk ke blog saya berbobot banget. Ada sesuatu yang berguna bagi saya. Tapi semakin lama sepertinya dia sudah mulai bisa bercanda sama saya… Hahaha… syukurlah!

Inilah review blog menurut tanggal 17 Oktober 2010.

Tentang Pemilik Blog

Saya biasa panggil dia Bang Red. Kalau di Facebook namanya Eduard de Grave. Apakah itu berarti nama aslinya Eduard? Who knows?

Yang saya suka dari abang satu ini adalah dia tahu kapan harus serius dan kapan harus bercanda. Seperti yang saya sampaikan tadi, komentarnya di blog saya sebagian besar ada informasi pentingnya. Ya, komentar yang berbobot. Hal ini membuat saya jadi punya pandangan kalau Bang Red sangat menghargai ilmu pengetahuan. Cieeee… Makanya saya salut.

Bersama dengan blog ini, sepertinya Bang Red juga sekalian buka usaha. Hal inilah yang menjadikan blog ini diberi nama Rahasia Otak, karena produk yang dijual oleh pemilik blog ini adalah sesuatu yang baik untuk otak manusia. Kira-kira seperti itulah. Saya tidak pandai dalam merangkai kata-kata.

Bang Red juga suka sesuatu yang aneh-aneh. Sesuatu yang kontroversial. Sesuatu yang masih menjadi rahasia. Sesuatu yang berhubungan dengan manusia atau alam di luar manusia. Lho… ๐Ÿ˜†

Tentang Fisik Blog

Blog yang beralamatkan di http://annunaki.wordpress.com/ ini adalah salah satu blog yang pakai theme INove juga, sama seperti blog saya. Hanya saja, pemilik blog ini sangat memperhatikan penggunaan kata. Kalau main ke blognya, teman-teman akan menemukan berbagai macam kata serupa tag yang tersebar di beberapa sudut posting atau halaman. Sepertinya ini salah satu jurus SEO (Search Engine Optimization). Coba lihat tagline di bawah nama blognya, “brainwave & subliminal music | exotic | inspirational | mind & body | orgonite | simulasi gelombang otak | spiritualitas“. Itu karena sebagian besar posting di dalamnya berhubungan dengan hal-hal tersebut. Sebuah pancingan cerdas untuk mesin pencari, bukan?

OK, untuk sesuatu yang berhubungan dengan sidebar, saya juga bilang kalau sidebar blognya Bang Red ini ramai abizzz! Walaupun begitu saya masih melihat bahwa ini semua tidak sekadar untuk bagus-bagusan, tapi juga untuk memudahkan pembaca dalam menemukan posting yang diinginkan.

Widget yang tersebar di sidebar, antara lain: Search, RSS dan Twitter, Translator, Link ke artikel dewasa [bukan ranah saya], Pernyataan tentang isi blog yang tidak sepenuhnya untuk anak di bawah umur, Music player, Daftar pages, Posting yang sering dibaca, Posting terbaru, Daftar postingan (yang sudah dewasa), Jam, link ke bayar Listrik atau Telepon, Pernyataan etika copy/paste, Daftar postingan lagi (yang masih misteri, from outer space, yang aneh-aneh, yang suka ramal-meramal, yang beraroma spiritual), Link exchange, Form RSS Reader, Blog subscription, Daftar postingan lagi lagi (yang menginspirasi, artikel blogger cantik, artikel dari blog keren), Komentar terakhir, Poling, Link ke Milis, Box (yang bisa didownload), Blog rank, Blog directory, Statistik, Yang sering diklik di blog ini, Kategori, Blogroll yang tertata rapi, Search lagi, Promosi produk lainnya. Trus ada lagi yang termasuk floating image: blog rank, directory, dan rss feed, juga beberapa nge-link ke halaman lainnya.

Hwuiii, panjang bener. Kalau postingan Bang Red ini nggak panjang, jadinya kelihatan njomplang lho [tahu ga artinya?]. Kalau pengunjung blog ini bukan orang yang sabaran, bisa-bisa apa yang ada di sidebar paling bawah malah nggak kelirik sama sekali.

Tentang Halaman & Posting Blog

Blog ini punya 6 pages: Home, Produk kami [yang dijual oleh pemilik blog], Cara pemesanan [cara pesan produk tadi], Buku tamu & tukeran link, Arsip keren, Promosi Anda [kalau teman-teman mau titip promosi produk].

Yang mau saya soroti dari blog ini adalah postingan yang sangat luar biasa bagi saya. Sebagian besar posting dari Bang Red ini syarat dengan pengetahuan dan panjaaaaaaaaang. Ya, tulisannya panjang banget. Saya pernah sedikit bertanya-tanya sih, ini tulisannya asli dari Bang Red sendiri atau copy/paste ya?

Namun memang, tidak semua tulisan di sini berasal dari Bang Red. Kalau teman-teman jeli, setiap posting pasti ada sumbernya. Postingan dari si A, si B, atau si si lainnya. Kalau dari Bang Red sendiri, biasanya juga sumbernya tidak hanya berasal dari satu tempat saja. Jadinya, sebuah posting bisa berisi banyak hal yang saling melengkapi. Mungkin tujuan Bang Red untuk posting seperti itu adalah agar pembaca tidak perlu bertanya-tanya lagi. Tidak ada ilmu yang setengah-setengah dikeluarkan. Tapi ya… gitu… kalau sudah masuk kategori postingan yang panjaaannggggg… saya ragu banyak pembaca yang membacanya full mulai awal sampai akhir [meskipun kemungkinan itu tetap ada].

Setiap posting juga diawali sebuah gambar besar di tengah dan dipasangi Read More sebelum artikel. Hal ini menghindari hal-hal yang tidak semestinya dibaca oleh anak di bawah umur.

Mengenai komentar, blog ini tidak mengharuskan komentar untuk dimoderasi dulu. Lalu, komentar terbaru tidak terletak di posisi paling bawah, melainkan paling atas.

: : : : : : : : : : : : :

Kesimpulannya, bagi saya Bang Red ini bisa jadi alternatif kalau mau diajak diskusi serius. Kalau bercanda kadang-kadang suka jayus [yang saya rasa ini bukan keahlian utama dia]. Dan blognya ini bener-bener worth buat dibaca bagi teman-teman yang suka bacaan berat tapi asyik. Maksudnya bukan tulisan tentang pengalaman sehari-hari yang sebagian besar ada di blogger tanah air. Sukses selalu buat Rahasia Otak-nya, Bang Red!

22 thoughts on “Blog Review: Rahasia Otak

  1. lengkap banget reviewnya mas bro.. aku taruh di homegape yah.. berjajar di antara link floating images yang tutorialnya dapat dari sampeyan ๐Ÿ˜€ *mantap*

  2. sukses terus buat mas Wahyu dan bang Red. Yang kedua-duanya juga merupakan blog yang spesial bagi ku.
    Terimakasih karna selalu memberi semangat dan dukungannya.
    Pengen nanya arti kata “Annunaki” itu apa…

Tinggalkan Balasan

