Tes Lagi… dan Masih Tetap Ini

iPersonic

iPersonic

Salah satu pembicaraan yang saya sukai adalah ketika hal itu menyangkut dengan masalah kepribadian. Duluuuu sekali ketika saya baru mengenal Facebook, saya pernah memasuki periode dimana saya kecanduan quiz yang membicarakan tentang kepribadian, mulai yang masuk akal hingga yang nggak penting banget.

Iseng-iseng, hari ini saya main lagi ke http://www.ipersonic.com/id/. Ini adalah kunjungan saya yang kedua setelah beberapa bulan nggak main ke sana [lupa berapa lama]. Kalau teman-teman mengunjungi websitenya, di sana teman-teman akan diajak untuk mengikuti tes kepribadian singkat. Ada 16 kemungkinan tipe kepribadian yang mungkin menggambarkan diri teman-teman saat ini.

Saya sendiri, meskipun ini adalah kunjungan saya yang kedua, rupanya hasil yang saya terima saat ini masih sama seperti yang dulu, Realis Baik Hati (saya tipe kepribadian). Saya ingat banget sama yang satu ini. Akhirnya halaman ini saya bookmark.

Well, inilah cuplikannya yang saya ambil dari halaman tersebut. Ini yang bahasa Indonesia. Kalau teman-teman lebih terbiasa pakai yang bahasa Inggris, juga bisa kok [tepuk tangan].

Tipe Realis Baik Hati adalah pribadi-pribadi yang hangat dan suka menolong. Mereka melakukan pekerjaan mereka dengan sungguh-sungguh dan memiliki bakat mengorganisir yang menonjol. Seringnya mereka merasa terikat dengan nilai-nilai tradisional. Keluarga, khususnya, sangat penting bagi tipe Realis Baik Hati. Kepuasan tertinggi mereka adalah ketika menjadikan diri mereka berguna dan mengurus orang lain. Namun mereka tidak suka menonjolkan diri; mereka lebih suka menuntaskan pekerjaan mereka di luar sorotan. Tipe Realis Baik Hati adalah pecandu kerja yang sesungguhnya; mereka sangat bisa diandalkan dan tidak ada yang berlebihan bagi mereka dalam urusan menyelesaikan pekerjaan. Ketelitian, kesungguhan, dan kepatuhan adalah kekuatan-kekuatan mereka. Mereka lebih suka situasi yang tertata dan akrab ketimbang situasi baru dan belum diketahui.

Dalam menghadapi orang lain, tipe Realis Baik Hati sangat menjaga perasan dan senang menolong; dengan senang hati mereka selalu mengesampingkan kebutuhan mereka sendiri demi keluarga dan teman-teman mereka. Rumah mereka biasanya sangat resik, hangat, dan rapi. Perfeksionisme di satu sisi dan ketidaksukaan mereka untuk mendelegasikan tugas di sisi lainnya sering membuat mereka menanggung terlalu banyak tanggung jawab baik secara profesional maupun pribadi. Mereka tidak tahan ketidakselarasan; konflik membuat mereka sangat tidak bahagia. Anda nyaris bisa menjuluki mereka kecanduan harmoni – dan ini terkadang membuat mereka mengabaikan diri sendiri dan keinginan-keinginan mereka sendiri karena mereka tidak mampu menolak.

Tipe Realis Baik Hati mengidamkan hubungan seumur hidup yang stabil dan penuh kepercayaan. Pernikahan dan keluarga sangat penting bagi mereka. Mereka mengurus pasangan mereka dengan pernuh perhatian dan kasih sayang serta banyak mengalah demi hubungan yang harmonis. Mereka juga teman yang setia dan dapat diandalkan. Namun demikian, mereka dapat sangat terluka jika komitmen mereka terhadap orang lain terlalu lama tidak dihargai.

Sebenarnya saya ingin memasukkan ke-16 tipe kepribadiannya ke sini. Tapi itu mah sama saja saya mindah isi websitenya ke blog ini. :mrgreen:

Kurang lebih, apa yang dituliskan di atas itu memang saya banget. Meskipun mungkin juga ada nggak betulnya di beberapa situasi. Referensi lain yang lebih mengena sebetulnya ada di salah satu buku yang pernah saya baca [pinjem teman]. Isinya tentang campuran antara Plegmatis – Sanguinis [ada juga tipe yang lain kok… tenang aja]. Ntar kapan-kapan kalau saya ketemu dia bakal saya pinjem lagi bukunya. Hahaha…

Tipe kepribadian seperti apa milik teman-teman?

Sumber gambar: iPersonic

Iklan

8 thoughts on “Tes Lagi… dan Masih Tetap Ini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s