Contoh Soal: Sistem Fungsional Bisnis 2

Sistem Fungsional Bisnis 2

Sistem Fungsional Bisnis 2

Sebelum memasuki contoh soalnya, ijinkan saya untuk memperkenalkan terlebih dahulu kepada teman-teman tentang mata kuliah bernama Sistem Fungsional Bisnis 2 (SFB 2) ini. Soal-soal ini berada di dalam materi utama Time value of money.

SFB 2 adalah…

Sebuah mata kuliah di Jurusan Sistem Informasi ITS yang pokok bahasannya berisi tentang keuangan. Menurut Rencana Pembelajaran, semester ini mata kuliah SFB 2 berisi 4 materi utama, yaitu Time value of money, rencana anggaran, akuntansi, dan laporan keuangan.

Adapun mata kuliah ini muncul setelah proses ekivalensi beberapa semester yang lalu, dari mata kuliah asalnya Sistem Informasi Akuntansi. Namun kiranya dalam hal keuangan tidak hanya masalah akuntansi yang perlu dipelajari, maka berubahlah menjadi mata kuliah ini.

SFB 2, berarti ada SFB 1 dong! Benar. Untuk mata kuliah SFB 1, yang dipelajari adalah berbagai proses bisnis di luar keuangan, seperti pemasaran, operasi, dan SDM. SFB 1 merupakan hasil ekivalensi dari Analisis Proses Bisnis.

Latar belakang posting ini…

Saya trauma sama hasil kuis kemarin! Hiks… hiks… Dan sebagai pelampiasan, saya akan posting soal kuis mata kuliah SFB 2 ini sebagai contoh soal yang mungkin bisa dipakai oleh adik kelas sebagai latihan. Jangan sampai kalian menyesal seperti saya!

Untungnya, kuis ini langsung dibahas, jadi saya bisa belajar lagi. Dan biar saya tidak lupa, saya akan menuliskannya ulang di blog ini. Karena bagaimana pun juga, sejarah yang tercatat akan berguna untuk masa depan. Hahahaha…

Bukan bermaksud untuk membocorkan soal, kan sudah keluar nih soalnya. Saya yakin soal ini tidak akan dipakai lagi tahun depan karena saya yakin kalau dosen di jurusan saya adalah seorang yang kreatif untuk membuat soal. Saya percaya beliau!

Ini dia soal-soalnya…

1. Berapa uang yang harus ditabung pada tanggal 31 Desember 2010 agar setiap akhir tahun kita dapat mengambil uang sebanyak Rp.1.000.000,- selama 3 tahun dengan tingkat bunga 10% / tahun. (Pengambilan dimulai pada akhir tahun 2011 dengan perhitungan bunga majemuk).

2. Anda membayar $35 untuk membeli saham. Tidak ada keuntungan saham (dividen), dan Anda menjual saham tersebut dengan harga $70 dalam 5 tahun. Berapa tingkat bunga yang Anda dapat?

3. Sebuah bank memberikan bunga tabungan sebesar 3% pertahun dan biaya administrasi sebesar Rp. 10.000,- perbulan. Berapakah jumlah tabungan minimal yang harus dimiliki si Didi agar uang tabungan Didi tidak terus berkurang, jika digunakan perhitungan bunga majemuk dan harian. Pajak bunga sebesar 10%.

4. Anda ingin membeli sebuah rumah dengan harga $250,000 dan membutuhkan uang muka sebesar 10%. Anda dapat memperoleh hipotek pertama sebesar $175,000 dengan bunga sebesar 12% pertahun, digandakan bulanan dan hipotek kedua sebesar $50,000 dengan bunga 9% pertahun, digandakan bulanan. Anda dapat meminjam uang muka dari kerabat Anda dengan bunga 6% pertahun. Jika ketiga pinjaman akan dikembalikan dengan pembayaran seragam selama 30 tahun, berapakah yang harus dibayarkan setiap bulan?

5. Sebuah kebun jeruk yang baru dikembangkan diharapkan mendatangkan hasil penuh setelah 6 tahun. Dimulai pada tahun ketujuh dan terus berlangsung sampai masa produktif 20 tahun, perkebunan tersebut diharapka mendatangkan hasil bersih rata-rata sebesar $80,000 pertahun. Berapa arus kas tahunan ekivalen, jika uang dibungakan 8% pertahun?

6. Perusahaan memiliki dua jenis investasi yaitu proyek A senilai Rp. 1000 (dalam jutaan) diperkirakan menghasilkan 8% pertahun, umur proyek 3 tahun. Proyek B investasi bernilai Rp. 1000, diperkirakan menghasilkan 1% untuk tahun pertama dan kedua, dan 22% untuk tahun ketiga. Saudara sebagai ahli keuangan diminta menghitung:
a) Berapa rata-rata tingkat bunga selama tiga tahun kedua investasi tsb?
b) Investasi mana yang lebih menguntungkan?
c) Berapa return setiap proyek?

7. Benarkah jika ingin mendapatkan nilai investasi dua kali lipat maka membutuhkan periode 72/i, dimana i adalah besarnya bunga dan digunakan perhitungan bunga majemuk.

Dan… jawabannya… adalah… ke halaman berikutnya ya!

Iklan

8 thoughts on “Contoh Soal: Sistem Fungsional Bisnis 2

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s