Blog Review: Erwinaziz’s Blog

Untuk Erwinaziz's Blog

Untuk Erwinaziz's Blog

Melihat ada budaya saling memberi award, saya jadi ingin juga memberikan award, terlebih lagi untuk teman-teman yang sudah cukup sering berkomunikasi dan berinteraksi dengan saya di dalam jagad blog ini. Namun, bagi saya award saja tidak cukup. Saya perlu melakukan hal lain lagi sebagai ucapan terima kasih karena sudah menjadi teman di sini. So, saya punya ide. Bagaimana kalau saya mereview blog teman yang sudah saya anggap sangat akrab?

Aih, ngapain repot-repot, Tus?

Ow, inilah saya jika teman-teman belum cukup mengenal saya. Saya ini orangnya loyal kalau saya memang menyukai sesuatu, termasuk terhadap sahabat. Sama seperti loyalitas saya pada salah satu operator seluler. So, buat teman-teman yang ingin blognya saya review, cobalah untuk menarik hati saya. Hohoho….!

Perhatian: Review ini sudah mendapatkan persetujuan dari yang punya blog.

Erwinaziz’s Blog

Hayo, siapa yang belum berteman sama pemilik blog satu ini? Sebelum memasuki ke bagian review, saya ingin cerita sedikit bagaimana saya bisa akrab sama blogger satu ini, bahkan sampai saya pilih sebagai penerima award pertama saya. Hihihi…

Berawal dari bulan Agustus kemarin, saya belum tahu sih kenapa yang punya blog bisa begitu cepat kalau comment di setiap posting saya. Istilah kaskusnya, pertamax. Akhirnya saya juga berusaha melakukan hal yang sama untuk postingan yang dilakukannya. It looks like our conversation nyambung aja. Jadi akrab deh! Selain di blog, kami sudah tersambung lewat FB dan Plurk.

OK, deh! Berikut hasil review saya menurut keadaan blog ini saat ini (27 September 2010).

Tentang Pemilik Blog

Cowok apa cewek ya yang punya? Penasaran?

Bagi yang asal kenalan sama pemilik blog ini pasti mengira yang punya cowok. Lha namanya Erwin. Hihihi…. Anda salah, Bung! Yang punya nama Erwin tersebut adalah seorang cewek. Dan dia sudah terbiasa mendapatkan sikap salah sangka dari orang lain, seperti yang terdapat pada salah satu postingnya.

Tapi teman-teman juga tidak salah kok kalau mengeluarkan pernyataan Mas, Bang, atau Bro pada comment teman-teman. Karena memang yang punya blog ini adalah dua orang yaitu Mbak Erwin dan satu lagi Mas-nya (pengen tahu namanya? Tanya sendiri ye…). Dulu, hal ini tersirat dari gambar cewek dan cowok yang ada di bagian sidebar paling atas. Sekarang, mungkin tersirat dari tulisan WELCOME berwarna biru dan merah itu (posisi sama). Menurut saya seperti itu.

Saya tidak tahu siapakah yang lebih sering online di blognya. Tapi saya lebih sering menggunakan kata Mbak di sana. Soalnya saya memang lebih akrab sama mbak Erwin.

Oh iya, mungkin yang membuat teman-teman bingung karena di blog ini nggak ada halaman aboutnya. Jadi mungkin ada beberapa di antara teman-teman yang bakal canggung manggilnya.

Tentang Fisik Blog

Menurut saya, blog yang beralamatkan di http://erwinaziz.wordpress.com/ ini termasuk blog yang cukup sederhana jika kita lihat dari segi tampilan. Jika teman-teman scroll ke bawah, bisa dilihat bahwa blog theme yang diambil oleh blogger ini adalah Koi. Namun karena background yang diganti, saya tidak menyadari hal ini. Ya, saya baru saja menyadarinya saat menulis review ini. Adapun gambar background diubah menurut keinginan pemilik blog sendiri.

Sidebar blog ini pun sederhana dan tidak banyak. Ada fasilitas search, gambar WELCOME, translator yang terdiri dari 6 bahasa, blogroll yang diberi nama “Tempat Favorite”, link ke social networking lainnya milik pemilik blog, dan music player.

Nah, yang unik di sini yaitu gambar statis yang terus bergerak di blog, rajawali dan harimau. Kalau teman-teman pernah mengunjungi blog ini, mungkin teman-teman tahu dulu gambar harimaunya tidak ada. Ya, yang saya tahu gambar rajawali itu yang tetap menjadi ciri blog ini.

Tentang Halaman & Posting Blog

Halaman home blog ini adalah sebuah static page yang berisi ucapan dari pemilik blog. Lalu bagaimana caranya untuk melihat postingannya?

Awalnya saya kesulitan untuk menemukan posting-posting di blog ini. Hal ini dikarenakan tidak ada widget archives, atau top posts, atau recent comments, atau sebagainya yang langsung menunjukkan link sebuah posting. Teman-teman juga akan menjadi sulit untuk tahu posting paling baru di blog ini. Kalau saya sih, biar nggak ketinggalan, subscribe saja.

Nah lo, pertanyaan tadi belum dijawab. Bagaimana melihat postingnya?

Teman-teman bisa lihat kalau blog ini memiliki beberapa page, antara lain Beranda (sebagai Home), Puisi, Tips|Kesehatan, Coretanku, Oasis, dan Tinggalkan Jejak. Nah, teman-teman bisa klik page itu terlebih dahulu untuk membuka sebuah halaman daftar isi link-link posting berkategori sama. Nah baru deh, teman-teman bisa baca postingan blogger ini. Menurut saya, ini cara yang dipakai blogger ini agar pengunjung juga tahu tulisan lainnya selain yang paling baru.

Pemasangan posting seperti ini tentunya karena tersimpan maksud, menurut saya. Hal ini menjadikan mereka yang membaca tulisannya adalah orang yang benar-benar ingin membaca tulisan tersebut (sehingga perlu usaha klik link terlebih dahulu). Atau mungkin ini adalah cara untuk menghindari spammer? Karena komentar yang masuk ke blog ini pasti perlu moderasi dulu dari pemilik blog, tak peduli teman-teman sudah pernah berkunjung atau belum.

: : : : : : : : :

Overall saya suka sama blog ini karena bloggernya dan tulisannya yang lumayan sering update (terutama Agustus kemarin). Sukses selalu deh buat Erwinaziz’s Blog!

Iklan

22 thoughts on “Blog Review: Erwinaziz’s Blog

  1. tak bisa berkata-kata, dan bingung mau nulis/komentar apa. karena saking senengnya dapat award yang bagi saya sangat special banget.
    Terimakasih yg tiada terhingga dech, pokoknya. Semoga persahabatan ini tetap terjalin.
    Kamu memang baik sekali sejak awal pertama kali aku kenal. 😀

    Untuk komentar selengkapnya, tunggu postinganku nanti.

    Salam…. 🙂

  2. Huehehehehe, nge-review juga akhirnya Mas Wahyu. 😉

    Benar sekali, ada dua orang yang ngurus blog itu. 😀 Bisa dilihat dari gaya nulisnya kalo mau tahu yang nulis Mbak apa Mas Erwin. :mrgreen:

  3. Ping-balik: Erwinaziz's Blog

  4. setujuu….. ! smg mBak Erwin dan yg sll disamping terus berkarya ya..sy juga baru tau nih…jd malu sendiri, ternyata mBak Erwnd plus yg sll setia nya,
    setuju utk semua review dari sobat Lambertus, salam kenal ya…

    dari saya utk Blog ini : cukup menyenangkan, trs berkarya !
    wassalam,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s