10 Alasan untuk Memulai Berlari (Jogging) Sekarang

Jogging

Jogging

Sejak memasuki semester baru ini, saya mengikuti kebiasaan teman satu kontrakan saya setiap pagi, yaitu  jogging atau lari pagi. Ya, kalau dulu saya tidak olahraga karena memang kurang termotivasi, tapi berkat teman saya sekarang saya jadi ikut olahraga.

Ya, kalau dipikir-pikir jogging adalah olahraga yang sederhana dan mudah. Dan saya bertekad mulai saat ini setiap hari saya akan jogging.

Berhubung saya sedang bersemangat dengan olahraga ini (karena memang tidak ada olahraga lain yang saya tekuni), saya pun mencari manfaat jogging di internet. Dan berikut saya dapatkan beberapa alasan mengapa jogging dari http://kask.us/4435189 oleh laatahzaan

Kalian pasti tau, bahwasanya berlari alias jogging itu baik untuk kesehatan, tapi di antara kita sangat malas untuk melakukannya, lebih memilih untuk bermalas-malasan di sofa, tempat tidur juga depan komputer. So, pakai sepatu anda sekarang dan mulailah berlari.

Mungkin dengan adanya thread ini bisa mengubah mindset anda mengenai “berlari” ini. Berikut 10 alasan yang bisa membuat anda jatuh cinta sama aktivitas berlari. So, cekidot…

1. Kita tak perlu mempelajari bagaimana cara berlari.

Berlari merupakan olahraga yang paling sederhana bin simple. Kita tidak perlu mempelajari peraturannya atau cara-caranya layaknya bermain sepak bola atau basket. Jika anda tau bagaimana cara berjalan (kita mempelajarinya sejak bayi) pasti kamu tau bagaimana cara berlari juga.

2. Say goodbye kepada kegemukan.

Para peneliti dari University of Dublin megatakan bahwasanya berlari selama 30 menit saja, bisa membakar 391 kaliri, padahal jika bersepeda dengan waktu yang sama, kalori yang dibakar hanya sebanyak 277 kalori, dan saat bermain tenis hanya 272 kalori.

3. Kita akan menjadi lebih bahagia.

Menurut Andrew Mac Kalots, kepala peneliti Institute of Mental Health, Inggris, latihan fisik bisa menstimulus keluarnya endorphin, senyawa yang bisa mengurangi stress dan bisa membuat kita merasa bahagia.

4. Kita akan memiliki tulang yang lebih kuat.

Menurut National Osteoporosis Society, Inggris, hanya dengan jogging selama 15 menit, selama 3 kali dalam seminggu, cukup untuk mengurangi resiko terkena osteoporosis sebanyak 40 %.

5. Tidak ada batasan umur dalam berlari.

Ketika kebanyakan olahraga memiliki batasan untuk umur, tidak dengan berlari. Bahkan atlet pelari tidak pernah “berhenti” berlari walaupun mereka sudah tua sekalipun. Contohnya yaitu pelari legendaris bernama Ron Hill, walaupun telah berumur 70 tahun, dia tidak pernah ketinggalan untuk berlari setiap harinya sejak Desember 1974.

6. Cocok dengan segala kondisi cuaca.

Walau cuaca panas, cuaca dingin, sedang hujan, juga berangin, tidak adalasan untuk tidak jogging. Tidak ada yang bisa menghentikan kita untuk tidak berlari.

7. Dunia adalah milik kita, saat berlari.

Berlari tiap pagi merupakan pengalaman yang indah. Ketika masih banyak orang yang terlelap di tempat tidurnya, kita keluar rumah untuk jogging dan menikmati indahnya pagi, sepinya jalan, SENDIRIAN…Melihat matahari terbit, woooow… Bukankah itu kepuasan tersendiri bagi kita..?

8. Tidur lebih nyenyak.

Para peneliti dari Medical School, Stanford University pernah menyuruh orang yang tinggal menetap dan menderita insomnia, untuk berlari selama 20-30 menit tiap hari. Dan hasilnya, mereka bisa tidur nyenyak dan durasi tidur mereka bertambah satu jam.

9. Berlari bisa dimanfaatkan saat darurat.

Banyak situasi yang tidak kita inginkan dan berbahaya dalam hidup kita. Dan terkadang kita harus berlari untuk itu. Seperti dikejar anjing, mengejar pencopet, mengejar bis, dll. Bagaimana kita bisa berlari dengan cepat dan baik tanpa pernah berlatih berlari sebelumnya..?

10. Jarang bertemu dokter.

Aktivitas fisik bisa membuat sel tubuh siap untuk melawan infeksi. Itulah yang dikatakan oleh Kath Collins, ahli diet dari St George Hospital, London. Berdasarkan penelitian di University of North Carolina, orang yang jogging selama 15 menit, 5 kali dalam seminggu, resiko sakit menyerang tubuhnya akan berkurang 50%.

Apakah agan masih mencari alasan untuk tidak jogging..?

Apakah 10 alasan di atas tidak cukup membuat kita sadar betapa pentingnya jogging itu…?

Kalau saya secara pribadi sih, jogging karena ingin berkeringat. Soalnya saya ini tipe orang yang sulit berkeringat kalau tidak memang dalam keadaan capek. Pikir saya, kalau berkeringat maka racun-racun yang ada di dalam tubuh bisa keluar. Trus karena tubuh lebih fresh maka nanti kalau kuliah bisa lebih fokus ( hihihi… balik lagi ke kuliah deh).

Kalau teman-teman, olahraga apa setiap hari?

Sumber gambar: Jogging

Iklan

13 thoughts on “10 Alasan untuk Memulai Berlari (Jogging) Sekarang

  1. Good… good… Tapi klo hujan yo jgn jogging lha.. Tambah pilek.. Tapi klo kehujanan, bisa jadi qta berlari ya??? Brarti lari bener2 cocok utk sgala cuaca..
    SIIIP.. lanjutkan!!!

  2. Nah, mari kita mulai berlari. 🙂 Cukup setiap pagi ato tiap sore, dijamin bakal sehat. 😉

    Untuk memulai memang sulit, tapi kalo udah terbiasa, rasanya enak banget. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s