Dasar WordPress.com: Sticky Post

Sticky

Sticky

Anda menyadari ada satu post/tulisan yang selalu berada di atas di blog ini? Ya, memang benar. Saya memang membuat konsep blog ini punya semacam salam pembuka dari saya. Tidak hanya buku yang punya salam pembuka atau kata pengantar, blog pun bisa Anda atur seperti itu.

Lalu apa yang bisa saya lakukan agar bisa seperti itu? Saya juga pengen…

Sangat sederhana. Dulu saya juga tidak sadar kalau ada fasilitas ini. Pas muter-muter, iseng-iseng deh! Dan rupanya hasilnya tidak mengecewakan. Anda bisa mengikuti tutorial berikut ini!

OK! Tentunya saya tidak perlu memberitahukan kepada Anda tentang bagaimana cara membuat post kan? Meskipun post ini judulnya Dasar WordPress.com tapi ya nggak sedasar itu kaleeee… Jadi langsung saja saya arahkan ke cara pengaturan Sticky Posts-nya ya!

Sebelumnya apa sih Sticky Posts itu?

Post dalam keadaan Sticky adalah post yang akan selalu tampil mendahului post lainnya. Jadi Anda akan menemukan tulisan ini berada paling atas, paling pertama dilihat oleh pembaca. Biasanya hal ini dilakukan jika tulisan tersebut sangat penting, seperti pengumuman atau pemberitahuan. Namun dalam konteks saya, hal ini saya lakukan agar blog ini punya “gaya”.

OK. Dimana saya bisa menemukan pengaturan Sticky Posts?

Yang membuat saya terlambat menyadari fasilitas ini adalah karena tempatnya yang tersembunyi. Habis Googling, ternyata sumber menunjukkan kalau check-boxnya ada di editor post. Mungkin itu dulu atau mungkin itu WordPress.org, yang jelas sekarang saya tidak menemukan hal itu di editor post WordPress.com.

Jadi pastikan Anda sudah mem-publish post tersebut, barulah Anda mencarinya di Dashboard dan pilih bagian Post. Maka Anda akan mendapatkan tampilan daftar post di blog Anda. Di situlah Anda akan menemukan pengaturan Sticky Posts.

Lalu apa yang harus saya lakukan?

Lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Pilih post yang ingin Anda buat Sticky.
  2. Arahkan pointer mouse di bawah judul, lalu klik Quick Edit.
  3. Centang check-box yang letaknya paling kiri bawah, namanya Make this post sticky.
  4. Jangan lupa klik tombol Update

Edit Sticky Posts

Edit Sticky Posts

Itu saja?

Yups, that’s all folks! Anda bisa mengimplementasikan hal ini lebih dari satu post. Semua post yang Anda buat sticky akan memiliki status seperti gambar berikut:

Sticky Posts

Sticky Posts

::::: END of TUTORIAL :::::

Well, itulah caranya. Oh ya, pastikan setiap bulan Anda akan menemukan salam yang baru di blog ini. Kalau Anda tidak melihatnya, ingatkan saya ya… soalnya saya sering lupa. Terima kasih.

6 thoughts on “Dasar WordPress.com: Sticky Post

Tinggalkan Balasan

