Dasar WordPress.com: Static Front Page

Page

Page

Beberapa website yang kita temui biasanya memiliki Welcome Page, betul? Jadi pengunjung bagaimana pun juga akan melihat halaman itu dulu sebelum mengakses halaman lainnya, betul? Anda adalah salah seorang di antara banyak orang yang ingin mempunyai blog seperti itu, betul?

“Tapi saya pakai penyedia layanan gratisan seperti WordPress.com, bagaimana caranya?”

Tentu saja Anda bisa juga memiliki blog seperti itu. Caranya? Ikuti tutorial berikut!

Sebelum memasuki tutorial, tentunya Anda sudah menyadari hal ini semenjak melihat keberadaan Page di WordPress.com. Mungkin Anda sudah mencoba mengutak-atik beberapa Setting tapi tidak berhasil. Bingung, Lesu, Marah, Mencak-mencak, Banting Meja, Pecahin kaca mobil, Lompat dari lantai 5, Goyang ngebor di tengah jalan tol… Oleh karena itu, Anda perlu mengetahui beberapa hal dasar seperti ini terlebih dahulu. Terlebih hubungan antara post dan page karena dua hal ini adalah faktor yang Anda butuhkan dalam pengaturan (halah… ngomong apa seh?).

Apa beda POST dan PAGE?

Serupa tapi tak sama. Itulah mereka. Saya jabarkan secara singkat.

POST adalah tulisan yang Anda buat secara periodik. Oleh karena itu akan lebih wajar saat suatu blog memiliki lebih banyak post daripada page. Sementara itu, PAGE adalah tulisan yang membicarakan hal tertentu. Biasanya cukup sekali menulisnya, bukan secara periodik. Makanya PAGE digambarkan sebagai menu di WordPress. Tapi untuk penulis blog yang ingin menempatkan banyak tulisan di masing-masing menu, maka akhir-akhir ini WordPress memberikan opsi menjadikan kategori sebagai pengganti PAGE pada menu.

OK. Kembali ke judul. Dimana saya bisa menemukan pengaturan Front Page?

Pada Dashboard pilih Settings > Reading dan Anda akan menemukan hal ini di bagian paling atas.

Front Page Setting

Front Page Setting

Lalu apa yang harus saya lakukan?

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda persiapkan:

  1. Sebuah PAGE sebagai Welcome Page (halaman yang statis di depan). Anda bisa beri nama Home atau nama lain. Anda bisa mengisinya dengan kata-kata pembuka khas blog Anda.
  2. Sebuah PAGE sebagai tempat menempatkan POST. Anda bisa beri nama My Posting atau nama lain. Kalau yang ini, Anda tidak perlu isi apa-apa karena tidak akan muncul tulisan apa pun. Kalau boleh menggunakan kata lain, halaman ini adalah kontainer untuk postingan Anda.

Lalu masuklah ke tempat pengaturan Front Page dan lakukan hal berikut:

  1. Dalam keadaan default, radio button yang aktif adalah pilihan Your latest posts. Ubah nilainya menjadi A static page (select below).
  2. FRONT PAGE adalah halaman yang akan muncul setiap Anda masuk, kondisi Home atau Index (pokoknya yang paling depan… bingung istilahnya). Pilih Home (halaman yang sudah Anda buat tadi).
  3. POSTS PAGE adalah halaman yang berisi posting periodik Anda bernaung. Setiap kali Anda mem-publish post baru, otomatis akan dimasukkan ke sini. Pilih My posting.
  4. Akhirnya jangan lupa klik tombol Save Settings

Nah, itu kalau halaman depannya statis (tidak berubah-ubah). Bagaimana kalau saya ingin halaman awalnya berubah pada periode tertentu?

Nah, kalau ini sama seperti konsep di blog saya ini. Saya ingin setiap bulan ada perubahan tampilan muka. Jika Anda juga berpikiran sama seperti saya, maka cara yang kita pelajari tadi tidak saya rekomendasikan. Saya akan lebih merekomendasikan Anda menggunakan Sticky Post (tutorial lainnya).

::::: END of TUTORIAL :::::

Bagaimana? Sudah berhasil, atau justru stuck? Saya memang belum mencoba hal ini karena memang ini bukan konsep blog saya. Yang jelas saya baru menyadari hal ini setelah membaca  http://en.support.wordpress.com/pages/front-page/. I’ll always encourage you to read the Help & Support because it has helped me a lot.

Jika ada yang ditanyakan, silahkan ditanyakan…

Sumber gambar: Page, Front Page Setting

Iklan

15 thoughts on “Dasar WordPress.com: Static Front Page

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s