Pengalaman Bersama WordPress.com: Jangan Sungkan Kirim Email

Wordpress.com

Wordpress.com

Tentunya Anda sudah mengetahui pengalaman saya dalam membangkitkan blog ini kembali. Saya mengumpulkan berbagai macam posting yang pernah saya lakukan dari berbagai alamat blog lama ke dalam satu alamat blog, yang saat ini sedang Anda perhatikan ini.

Saya melakukan proses migrasi ini dengan menggunakan cara ekspor-impor dari blog lama ke blog baru. Ekspor posting dari blog lama, Anda mendapatkan file XML-nya, impor ke blog baru, proses selesai. Apakah semudah itu? Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman mengenai hal tersebut. Siapa tahu Anda saat ini juga mengalami permasalah yang sama seperti yang pernah saya alami.

Ekspor – Impor

Sebelum mulai ke dalam pengalaman saya, sebelumnya saya akan menjelaskan proses ekspor-impor di WordPress.com. Seperti yang kita ketahui, proses ekspor-impor ini sangat mudah dilakukan di WordPress.com. Anda bisa melakukan impor dari berbagai macam penyedia layanan blog seperti Blogger, LiveJournal, dan lain sebagainya ke dalam WordPress.

Rumusnya hanya satu: di dashboard Anda, Tools > Import > blog asal  file ekspor (WordPress). Masukkan lokasi file XML-nya di komputer Anda (ukuran maksimal 15 MB). Lalu klik upload file and import.

Proses upload berhasil. Selanjutnya adalah sedikit penyesuaian di halaman yang baru. Tentunya dari posting yang Anda imporkan memiliki author atau penulis kan? Sesuaikan author lama dengan author di blog Anda yang saat ini.

Selain itu, jika di dalam posting Anda terdapat lampiran / attachment file, Anda bisa mencentang Download and import attachment sebelum klik tombol Import.

Troubleshooting

Nah, proses ini saya lakukan berulang kali. Maklum, blog mangkrak saya ada di mana-mana. Jadi proses ini harus saya lakukan jika saya ingin semua tulisan saya terkumpul di blog ini. Yang perlu Anda ketahui, saat proses impor berhasil Anda akan mendapatkan notifikasi melalui email.

And here it is… the trouble…

Saat saya tinggal melakukan sekali proses impor lagi. Saya tidak mendapati tampilan umum jika saya akan melampirkan file XML. Yang ada di layar adalah tampilan seperti sesaat setelah proses impor. Saya tidak ingat kata-katanya, kira-kira seperti ini: Processing… kami sedang melakukan proses impor. Maksimal 1 x 24 jam. Jika proses berhasil, Anda akan mendapatkan notifikasi melalui email. Yah, yang jelas menggunakan kata-kata dalam bahasa Inggris. So, saya tidak bisa melakukan impor.

Saya pun panik, bingung, wajah berkeringat, merengut, mendengus, mondar-mandir, menggebrak meja, membenturkan kepala, makan beling… Ada apa ini? Akhirnya saya ingat kalau ada fasilitas Help and Support di WordPress.com

Saya mendapati ini adalah masalah tampilan, benar kan? Kenapa yang muncul bukan halaman impor yang biasanya? Oleh karena itu saya memeriksa terlebih dahulu isu browser. Menurut http://en.support.wordpress.com/browser-issues/, kita bisa menggunakan beberapa cara untuk mengatasi permasalahan ini:

1. Force Refresh – suatu cara refresh langsung di browser. Kita bisa klik icon refresh atau tekan Ctrl+F5 (untuk Windows), F5 (untuk Linux), Apple+R atau Cmd+R (untuk Mac/Apple).

2. Bersihkan Cache – kalau ini kemungkinan kapasitas cache di browser sudah penuh, sehingga tampilan baru jadi terhalang untuk tampil. Coba bersihkan cache sesuai dengan cara di browser masing-masing.

3. Ijinkan WordPress.com – periksa pengaturan browser, firewall, atau antivirus yang Anda pakai. Siapa tahu alamat ini di-block.

4. Coba dengan browser lain – siapa tahu permasalahan di browser Anda saat ini. Jika memang benar, permasalahan ada di pengaturan/setting browser Anda. Atau jika tidak mau ambil pusing, nstal ulang browser Anda.

5. Coba dengan komputer lain, di lokasi yang sama – siapa tahu yang bermasalah adalah komputer Anda saat ini. Jika memang benar, permasalahan ada di pengaturan komputer Anda.

6. Coba di lokasi yang lain – siapa tahu yang bermasalah ada di local network Anda saat ini.

Lha, saya mendapati semua cara ini tidak menjadikan saya sukses impor lagi. Saya tunggu lebih dari 24 jam dan tampilan impor WordPress masih sama. Akhirnya dengan perasaan deseparated, saya beranikan menggunakan cara yang terakhir…

Say ‘Hi!’ to WordPress Contact Support

Ini adalah kali pertama saya mengirimkan pesan ke WordPress secara langsung. Lha, kendala bahasa, saya pun memberanikan diri mengirimkan email dengan modal bahasa Inggris yang pas-pasan. Jika Anda membuka alamat http://en.support.wordpress.com/contact/, di bagian paling bawah akan Anda temui form ini:

Contact Form

Contact Form

Pada bagian text field, WordPress sudah cukup membantu dengan menambahkan pancingan kata I did: I saw: I expected: Apa yang sudah saya lakukan, apa yang terjadi, dan harapan saya untuk keluar dari masalah ini. Setelah semua kolom terisi, akhiri dengan klik pada tombol Contact Support.

Puji Tuhan, besoknya saya sudah bisa lagi melakukan proses upload. Setelah saya periksa mailbox saya, ada pesan balasan lho dari WordPress.

Email Balasan WordPress.com

Email Balasan WordPress.com

Huruf merah di bagian atas adalah pesan yang saya kirimkan ke WordPress.com, sementara yang bawah adalah balasannya. Saya lega mereka merespon dengan cepat dan membalas email dengan baik. Saya kira memang tidak salah jika saya memilih WordPress.com sebagai penyedia layanan blog favorit saya.

Akhirnya pelajaran apa yang bisa didapatkan dari pengalaman ini? Sama seperti judul posting ini: Jangan sungkan kirim email. Adapun fasilitas contact and support memang dibuat untuk melayani kita, jadi jangan ragu untuk menggunakannya.

Apakah Anda juga punya pengalaman serupa dalam hal blogging seperti saya ini?

Sumber gambar: WordPress.com, Contact Form, Email Balasan WordPress.com

7 thoughts on “Pengalaman Bersama WordPress.com: Jangan Sungkan Kirim Email

Tinggalkan Balasan

