Tulisan Menarik Itu Ada di Notes Facebook

Find them in Facebook Notes!
Find them in Facebook Notes!

Tidak jarang para blogger merasakan pikiran sumpek, cupet, stagnan, mandeg, mampet, mati-suri, kram otak, pusing, hang, dan berbagai macam istilah lainnya yang menggambarkan kalau inspirasi sedang malas datang. Padahal sedang kepingin posting sesuatu. Tapi apa yang mau ditulis?

Nah, tidak ada salahnya kalau Anda beristirahat sejenak dan melakukan aktivitas-aktivitas yang menyegarkan kepala Anda. Misalnya: banting kaca, rusakin televisi, injak ekor kucing tetangga, lepasin rantainya anjing majikan, motret orang lagi tidur, atau nge-blongin rem mobil musuh bebuyutan. LHO! Jangan dilakukan ya itu semua… nggak baik!

Posting tidak harus tulisan sendiri. Meskipun alangkah baiknya kalau yang kita tulis adalah hasil pemikiran sendiri, tapi tak ada salahnya kalau kita berbagi hal-hal copy-paste yang menarik. Yups, inilah teknik istirahat yang saya maksud… COPY-PASTE!

Kedengarannya nggak mbois banget sama kata copy-paste ini. Orang yang akrab dengan kata-kata ini biasanya mereka yang nggak mau repot dan nggak mau ambil pusing. Yah, saya tidak mendukung sekali kalau yang di-copas ini adalah tugas kuliah, tugas kantor, atau hal-hal resmi lainnya. Tapi kalau dalam hal blogging, daripada kita mengubah esensi di dalamnya, mending copy-paste aja… tapi tetap dengan menyertakan sumbernya biar nggak dianggap plagiat.

Notes Facebook

Ok… terus apa hubungannya dengan Notes Facebook yang ada di judul?

Anda punya Facebook? Anda punya berapa banyak teman? Apakah Anda pernah menuliskan sesuatu di notes? Apakah teman-teman Anda juga memiliki notes? Apakah isinya semua asli dari tulisan mereka sendiri? Apakah itu hasil copy-paste dari halaman lain?

Nah, Anda boleh setuju dengan pendapat saya atau tidak mengenai hal ini.Β  Namun beginilah pendapat saya tentang “notes facebook” dan “inspirasi Anda yang terhenti”.

Bagi saya Notes Facebook adalah ladangnya tulisan-tulisan yang menarik. Memang benar bahwa kita bisa mencari sendiri tulisan-tulisan menarik itu dengan surfing internet, search lewat Google, klik sana-sini. Tapi sadarlah, kawan, internet ini luas sekali! Dunia maya lebih luas daripada dunia nyata. Anda tak pernah tahu berapa banyak alamat di dalam sana. Notes Facebook adalah sepetak area dengan berbagai tulisan menarik yang telah disaring di dalamnya.

Bagaimana tidak? Saya yakin setiap orang yang memiliki akun Facebook adalah orang yang suka berbagi, termasuk berbagi hal-hal menarik yang mereka temukan dari luasnya dunia internet. Ya, teman-teman Facebook Anda adalah juri atau tim selektor hal-hal menarik itu. Dan yang bisa Anda lakukan adalah jalan-jalan ke Notes mereka dan menyebarkan lagi tulisan menarik itu dari blog Anda.

Sertakan Sumber Tulisan

Biasanya sumber yang saya lampirkan pada posting bukanlah yang ada di Facebook, kecuali kalau tulisan menarik itu adalah asli dan pertama kali di-publish di Facebook atau dia sendiri tidak tahu asal tulisannya. Hal ini dikarenakan tidak semua orang punya akun Facebook.

Apa sih pentingnya menyertakan sumber tulisan? Nah, seperti yang telah saya sampaikan di atas, supaya kita tidak dianggap plagiat. Soalnya kita terang-terangan bilang kalau tulisan itu bukan tulisan kita sendiri.

Selain itu, hal ini juga akan membantu pembaca yang ingin menemukan langsung penulisnya. Siapa tahu dengan cara ini, diskusi antara pembaca dan penulis yang asli bisa terwujud. Dan kitalah perantara di antara mereka… so sweet banget kan?

Contoh lain, kalau tulisan yang kita repost itu tulisan yang “kontroversial”. Nah, yang jelas si pembaca kalau mau marah-marah ya ngelabraknya di penulis aslinya kan? Alhasil kalau Anda tidak menyertakan sumber tulisan itu, Andalah yang ketiban “rejeki”.

Kesimpulan

Sekali-kali copy-paste boleh, namun tetap menulis dengan pemikiran sendiri adalah lebih baik. Kalau mau copy-paste harus ada sumber tulisannya… atau paling nggak ijin dulu sama yang penulis aslinya. Hal-hal yang di-copas mending yang bermanfaat untuk sesama, jangan gosip melulu. Tulisan menarik itu ada di Notes Facebook, itulah yang sejauh ini saya ketahui.

Semoga Anda yang doyan copy-paste merasa terbantu dengan adanya tulisan ini. πŸ˜€

Bagaimana menurut teman-teman dengan hal ini?

Sumber gambar: Find them in Facebook Notes!

Iklan

9 thoughts on “Tulisan Menarik Itu Ada di Notes Facebook

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s