Iseng-Iseng Ketik Nama Sendiri di Google

Google Search

Google Search

Menganggur. Iseng-iseng begini, enaknya coba masukkan nama sendiri ke dalam search engine kenamaan, Google. Hal ini sering saya lakukan untuk mengetahui sudah sejauh mana nama saya tersebar di dalam dunia maya.

Terakhir kali saya menggunakan “Lambertus Wahyu Hermawan” dengan tanda petik sebagai keyword, Google memerlukan waktu 0.23 detik untuk mendapatkan hasil temuan terkait, yaitu sekitar 3,450. Adapun saya lebih senang menggunakan nama penuh saya daripada sekadar “Lambertus”. Coba saja lakukan! Apa yang Anda temukan?

Mengapa saya melakukan hal ini?

Dulu, saya iseng-iseng memasukkan nama saya di Google karena ingin tahu sepopuler apa nama saya di dunia maya. Hahaha… tapi sekarang sudah lebih dari itu. Saya sering menggunakannya untuk membantu saya mengingat-ingat dimana saja saya sudah meninggalkan jejak.

Memang beberapa alamat yang muncul bukanlah sesuatu yang asli pernah saya tuju. Mereka hanya mengeluarkan link menuju blog saya secara otomatis. Entahlah… mungkin serupa search engine. Namun alamat lainnya bisa jadi blog-blog atau website yang pernah saya kirimi komentar. Nah, hal ini berguna kalau saya ingin tahu apakah komentar saya dibalas atau tidak setelah sekian lama. Kalau melakukan hal ini, rasanya seperti bernostalgia. Dan bisa jadi saya menyapa blog itu kembali.

Pengalaman lainnya, saya pernah terjebak dalam rangkaian email SPAM. Saya ikut melakukan forward email yang menyebalkan itu. Anda tahu apa yang terjadi selanjutnya? Saya menemukan email itu di search engine. Memalukan sekali! Akhirnya hal ini juga mengingatkan saya untuk lebih berhati-hati di dunia maya.

Akhirnya inilah yang bisa saya simpulkan. Kita tidak bisa mengendalikan apa yang muncul di search engine. Jadi jangan macam-macam dengan apa yang kalian lakukan di dunia maya. Jangan sampai kalian memberikan kesan yang jelek sehingga hal itu muncul dan diketahui banyak orang.

Fiuh… saya jadi penasaran memasukkan nama teman-teman saya sekarang.. Hahahaha πŸ˜€

Apakah teman-teman juga pernah melakukan hal ini?

Sumber gambar: Google Search

12 thoughts on “Iseng-Iseng Ketik Nama Sendiri di Google

Tinggalkan Balasan

