SELAMAT DATANG: Membangun blog yang sreg di hati

Penyedia layanan blog

Mengembalikan semangat BLOGGING mahasiswa memang tidak mudah. Kebanyakan melakukan yang sedang mengalir di dalam trend. Misalnya, jaman Friendster… semua buka Friendster, jaman Facebook… semua buka Facebook, jaman Travian… semua main Travian, jaman BLOGGING… semua bikin blog. Dan sekarang sudah bukan musim blog lagi di kampus saya. Saya berharap teman-teman sekalian yang pernah membuat blog tidak lagi menelantarkannya.

Saya sekarang sedang berusaha membangkitkan jiwa BLOGGER yang ada di dalam diri saya. Berusaha membangkitkan memori-memori saat membuat blog pertama kali, kenangan-kenangan bersama blog dan suka dukanya. Untuk saat ini, saya sedang mencari jati diri blog yang paling sesuai dengan isi hati saya.

Pada mulanya, saya baru mengenal dunia BLOGGING karena tuntutan perkuliahan. Yah, saat itu tahun 2007 dan media komunikasi rupanya sangat diperlukan. Hal ini berbeda dengan situasi belajar di SMA dulu, yang semuanya tersedia jelas di mading dan komunikasi ke guru atau teman lainnya, serta berjalan dengan sangat lancar. Saat SMA semua berada cukup dekat sehingga jarak tidak terlalu diperhitungkan.

BLOG merupakan media pemberitahuan, semacam mading online, yang dimiliki oleh pribadi atau kelompok. Saat itu memang blog sedang merajai dunia internet di lingkungan kampus saya. Setiap orang seperti berlomba-lomba menunjukkan tulisannya dan kreativitasnya dalam menghias blognya. Pasang Blogroll hingga puluhan bahkan ratusan. Mencari widget untuk meramaikan blog. Saling memberikan komentar atas posting. Bahkan hingga menjadikan blog sebagai media informasi dari para asisten praktikum kepada praktikannya.

Wah, saat itu benar-benar saat paling indah bagi diri saya. Mengapa? Karena saya sangat suka berada di dalam lingkungan yang jiwa kepenulisannya tinggi. Entah itu menulis hal yang resmi terstruktur ataupun fiksi populer, saya begitu bangga melihat kreativitas yang terbentuk dalam posting yang dilakukan oleh teman-teman. Saya juga mendapatkan banyak hal, di samping rasa persaudaraan yang makin erat lewat komentar-komentar yang masuk.

Ya ya ya, itu beberapa tahun yang lalu. Sekarang situasinya sudah berubah. Tugas-tugas mata kuliah yang makin menumpuk mungkin membuat BLOGGING sebagai kesibukan sampingan yang akhirnya nyaris ditelantarkan juga. Nggak sempet, katanya! Dari semua blog milik teman-teman saya, hanya beberapa saja yang kelihatan masih aktif. Itu pun juga karena blognya diperlukan sebagai media informasi bagi para praktikan. Media komunikasi blog yang bisa dikatakan ‘hampir tidak langsung’ pun tergantikan oleh facebook dan social networking lain yang lebih real time.

Saya juga termasuk salah satu orang yang nyaris mogok ngeblog. Saya bingung tulisan macam apa yang mungkin bisa membuat saya betah di depan komputer. Saya sempat gonta-ganti alamat blog karena terpikir berbagai macam konsep blog yang diinginkan. Akhirnya saya punya banyak alamat blog. Tapi pada akhirnya saya memilih satu alamat dan melakukan ritual ekspor impor untuk mengumpulkan semuanya dalam satu alamat. Dan percaya atau tidak, saat ini pun saya masih berharap tidak akan mogok lagi (harap-harap cemas).

Bagaimana? Masih ingin menulis di blog?

Sumber gambar: Penyedia Layanan Blog

2 thoughts on “SELAMAT DATANG: Membangun blog yang sreg di hati

Tinggalkan Balasan

